Rabu, 04 November 2015

TUGAS2_3SS_Pengantar bisnis

Pemasaran Audio mobil
ABUN CAR AUDIO (ACA)

Dalam komunikasi pemasaran diperlukan suatu pendekatan yang mudah dan fleksibel yang terdapat pada bauran pemasaran (marketing mix). Bauran pemasaran adalah strategi produk, promosi, dan penentuan harga yang bersifat unik serta dirancang untuk menghasilkan pertukaran yang saling menguntungkan dengan pasar yang dituju. Namun kini hal tersebut semakin berkembang tidak hanya dalam hal product, price, place dan promotion. Namun juga mengenai people, process, dan physical evidence.



Dalam komunikasi pemasaran ada beberapa elemen yang dipadukan yang terwujud dalam bauran komunikasi pemasaran terpadu, yaitu bauran pemasaran (marketing mix), lalu bauran promosi (promotion mix) yang sebenarnya adalah bagian dari marketing mix, namun kini lebih spesifik. Dan ada pula strategi-strategi komunikasi pemasaran tertentu, seperti strategi segmenting, targeting, pricing,dan positioning, dalam bauran pemasaran. Semua itu kembali pada kondisi perusahaan jasa yang melaksanakannya. Dalam marketing mix perusahaan jasa khususnya, ada unsur-unsur atau elemen yang menjadi dasar pertimbangan pengambilan keputusan dalam pembuatan strategi komunikasi pemasaran, yaitu 4P ditambah 3P : product, price, place, promotion, people, process, dan physical evidence. 

a. Product (The Services)
ACA AUDIO memasarkan produknya yang berupa audio mobil yang mereka keluarkan untuk menarik masyarakat untuk menjadi pembeli / konsumen dari mereka . dengan sangat mengerti dan memahami kebutuhan masyarakat , maka ACA AUDIO memilik produk yang berupa GPS,TV mobil,kamera mundur speaker, yang bermanfaat dan dapat digunakan sebagai peralatan didalam mobil, tahap 1 , tahap 2 , tahap 3 , dan tahap 4 , dimana masyarakat dapat leluasa memilih audio mobil yang ingin dimilikinya .

b. Promosi (promotion )
         Promosi merupakan suatu aktivitas dan materi yang dalam aplikasinya menggunakan teknik dibawah pengendalian penjual/produsen , yang dapat mengkomunikasikan informasi persuasif yang menarik tentang produk y0ang ditawarkan uleh produsen , baik secara langsung maupun melalui pihak yang dapat mempengaruhi pembelian .
Dengan kosep promosi , ACA AUDIO melakukan serangkaian promosi dengan produk-produknya melalui berbagai media elektronik maupun non elektronik seperti Brosur yang disebar diberbagai daerah , banner / spanduk yang dipasang dimana- dimana dan mengikuti kontes audio 
         ACA AUDIO akan dapat menarik konsumen baru dengan menawarkan produk audio terbaru yang dapat membuat konsumen terasa nyaman saat berada didalam mobil dengan itu konsumen baru akan datang ke toko ACA AUDIO .

c. Harga (price)
        Penetapan harga merupakan suatu hal penting . perusahaan akan melakukan hal ini dengan penuh pertimbangan karena penetapan harga akan dapat mempengaruhi pendapatan total dan biaya. Harga merupakan faktor utama penentu posisi dan harus diputuskan sesuai dengan pasar sasaran, bauran ragam produk, dan pelayanan, serta persaingan. 
ACA AUDIO pun memberikan harga yang terjangkau untuk memenuhi kebutuhan konsumen seperti pengadaan sistem kredit yang bisa di angsur sampai 12kali  

d.  Lokasi tempat ( place )
       Tempat atau lokasi yang strategis akan menjadi salah satu keuntungan bagi perusahaan karena mudah terjangkau oleh konsumennya. PBI sangat mempertimbangkan untuk membuka perumahan yang terjangkau oleh konsumennya , dalam pemilihan lokasinya ACA AUDIO Melmilih tempat yang sangat strategis yakni dekat dengan showroom mobil dan bukan hanya itu ACA AUDIO juga berdekatan dengan lokasi mall

e. Orang ( people )
        People merupakan aset utama dalam industri jasa pemasaran . dalam hal ini adalah para costumer service (CS) yang berada pada posisi depan (frontliner) yang langsung bertemu dan memberikan servis kepada konsumennya . CS berkinerja tinggi akan menyebabkan konsumen puas dan loyal , dengan adanya cs ini yang menjadi ujuung tobak ACA AUDIO yang dilengkapi wawasan luas dan skill pemasaran yang tinggi akan membuat konsumen ACA AUDIO memberi rasa pecaya dan aman untuk membeli audio mobil di ACA AUDIO

f. Proses ( process )
         Cara ini di implementasikan ACA AUDIO  dengan membuka dan menutup kantornya sesuai waktu yag ditentukan . lalu juga karyawannya juga diberi skill yang dapat mengikuti prosedur dan sistem yang merupakan standarnya seperti memberikan pelayanan dalam mengahapi Konsumen dengan senyum menyabut para konsumennya . Proses yang berlangsung ini akan menjamin mutu layana PBI sehingga mendapat penilaian yang semakin baik . 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar