Pemasaran Audio mobil
ABUN CAR AUDIO (ACA)
Dalam
komunikasi pemasaran diperlukan suatu pendekatan yang mudah dan fleksibel yang
terdapat pada bauran pemasaran (marketing mix). Bauran pemasaran adalah
strategi produk, promosi, dan penentuan harga yang bersifat unik serta
dirancang untuk menghasilkan pertukaran yang saling menguntungkan dengan pasar
yang dituju. Namun kini hal tersebut semakin berkembang tidak hanya dalam hal
product, price, place dan promotion. Namun juga mengenai people, process, dan
physical evidence.
Dalam
komunikasi pemasaran ada beberapa elemen yang dipadukan yang terwujud dalam
bauran komunikasi pemasaran terpadu, yaitu bauran pemasaran (marketing mix),
lalu bauran promosi (promotion mix) yang sebenarnya adalah bagian dari
marketing mix, namun kini lebih spesifik. Dan ada pula strategi-strategi
komunikasi pemasaran tertentu, seperti strategi segmenting, targeting,
pricing,dan positioning, dalam bauran pemasaran. Semua itu kembali pada kondisi
perusahaan jasa yang melaksanakannya. Dalam marketing mix perusahaan jasa
khususnya, ada unsur-unsur atau elemen yang menjadi dasar pertimbangan
pengambilan keputusan dalam pembuatan strategi komunikasi pemasaran, yaitu 4P
ditambah 3P : product, price, place, promotion, people, process, dan physical
evidence.
a.
Product (The Services)
ACA AUDIO memasarkan
produknya yang berupa audio mobil yang mereka keluarkan untuk menarik
masyarakat untuk menjadi pembeli / konsumen dari mereka . dengan sangat
mengerti dan memahami kebutuhan masyarakat , maka ACA AUDIO memilik produk yang
berupa GPS,TV mobil,kamera mundur speaker, yang bermanfaat dan dapat digunakan
sebagai peralatan didalam mobil, tahap 1 , tahap 2 , tahap 3 , dan tahap 4 ,
dimana masyarakat dapat leluasa memilih audio mobil yang ingin dimilikinya .
b. Promosi (promotion
)
Promosi merupakan suatu aktivitas dan materi yang dalam
aplikasinya menggunakan teknik dibawah pengendalian penjual/produsen , yang
dapat mengkomunikasikan informasi persuasif yang menarik tentang produk y0ang
ditawarkan uleh produsen , baik secara langsung maupun melalui pihak yang dapat
mempengaruhi pembelian .
Dengan kosep promosi ,
ACA AUDIO melakukan serangkaian promosi dengan produk-produknya melalui
berbagai media elektronik maupun non elektronik seperti Brosur yang disebar
diberbagai daerah , banner / spanduk yang dipasang dimana- dimana dan mengikuti
kontes audio
ACA AUDIO akan dapat menarik konsumen baru dengan menawarkan
produk audio terbaru yang dapat membuat konsumen terasa nyaman saat berada didalam
mobil dengan itu konsumen baru akan datang ke toko ACA AUDIO .
c. Harga (price)
Penetapan harga merupakan suatu hal penting . perusahaan akan melakukan
hal ini dengan penuh pertimbangan karena penetapan harga akan dapat
mempengaruhi pendapatan total dan biaya. Harga merupakan faktor utama penentu
posisi dan harus diputuskan sesuai dengan pasar sasaran, bauran ragam produk,
dan pelayanan, serta persaingan.
ACA AUDIO pun
memberikan harga yang terjangkau untuk memenuhi kebutuhan konsumen seperti
pengadaan sistem kredit yang bisa di angsur sampai 12kali
d. Lokasi tempat
( place )
Tempat atau lokasi yang strategis akan menjadi salah satu keuntungan bagi
perusahaan karena mudah terjangkau oleh konsumennya. PBI sangat
mempertimbangkan untuk membuka perumahan yang terjangkau oleh konsumennya ,
dalam pemilihan lokasinya ACA AUDIO Melmilih tempat yang sangat strategis yakni
dekat dengan showroom mobil dan bukan hanya itu ACA AUDIO juga berdekatan
dengan lokasi mall
e. Orang ( people )
People merupakan aset utama dalam industri jasa pemasaran . dalam hal
ini adalah para costumer service (CS) yang berada pada posisi depan
(frontliner) yang langsung bertemu dan memberikan servis kepada konsumennya .
CS berkinerja tinggi akan menyebabkan konsumen puas dan loyal , dengan adanya
cs ini yang menjadi ujuung tobak ACA AUDIO yang dilengkapi wawasan luas dan
skill pemasaran yang tinggi akan membuat konsumen ACA AUDIO memberi rasa pecaya
dan aman untuk membeli audio mobil di ACA AUDIO
f. Proses ( process )
Cara ini di implementasikan ACA AUDIO dengan membuka dan menutup kantornya sesuai
waktu yag ditentukan . lalu juga karyawannya juga diberi skill yang dapat
mengikuti prosedur dan sistem yang merupakan standarnya seperti memberikan pelayanan
dalam mengahapi Konsumen dengan senyum menyabut para konsumennya . Proses yang
berlangsung ini akan menjamin mutu layana PBI sehingga mendapat penilaian yang
semakin baik .
Tidak ada komentar:
Posting Komentar